Gua Lawang Hidden Gemnya Wisata Pangandaran

Selain wisata pantai, wisata Pangandaran juga terkenal dengan wisata Green Canyon nya yang indah dan populer. Namun, ada banyak hal yang belum dijelajahi di Pangandaran selain pantai dan Green Canyon. Seperti gua yang akan dibahas kali ini yaitu Gua Lawang. Masyarakat sekitar juga belum banyak tahu jika tempat ini menyimpan surga di dalamnya dan belum terjamahi banyak orang. Maka tidak heran jika tempat ini layak mendapat julukan populer hidden gem.

Lokasi Wisata Pangandaran Gua Lawang

Lokasi Gua Lawang berada di daerah Dusun Parinenggrang pada Desa Jadimulya, Kecamatan Langkalancar, Kabupaten Pangandaran. Tempat satu ini dilalui oleh aliran sungai Cijulang Kulon atau Cisitu dan Cijulang Tengah sekitar satu kilometer sebelum masuk. Pada bagian hilir berjarak sekitar 1,5 kilometer akan ada sungai yang diteruskan dengan sungai Cijulang Wetan. Ketiga sungai ini digabungkan melewati Dusun Parinenggrang mengalir tembus ke Green Canyon sebelah pantai Batu Karas.

Wisata Pangandaran

Lokasi menuju Gua Lawang juga dapat diakses melalui Pantai Pangandaran untuk selanjutnya mengambil rute ke objek wisata Citumang yang juga satu jalur dengan kawasan wisata Green Canyon atau pantai Batu Karas. Dilanjutkan dengan perjalanan menuju Dusun Parinengan dengan waktu tempuh sekitar tiga puluh menit. Setelah itu, Anda hanya tinggal berjalan kaki melalui jalan setapak dengan jarak tempuh satu kilometer untuk menuju ke lokasi.

Kenapa Harus Mengunjungi Lokasi Wisata Pangandaran Ini?

Wisata Pangandaran satu ini nampak eksotis dengan keindahannya baik dari ukuran, ornamen, juga bentuknya. Panjangnya saja lumayan panjang sekitar 500 meter dan juga sangat gelap meski  ada cahaya dari dua mulut nya. Anda akan disuguhkan pada ornamen batu dan binatang yang bersarang di sana dengan menggunakan lampu senter dengan cahaya kuat. Terdapat pula batu yang memiliki pemandangan mistis tetapi juga eksotis yang biasa dijadikan spot foto di sana. Berfoto di dalam gua tentu saja tidak selalu bagus tergantung posisi cahaya matahari tetapi tidak ada salahnya untuk mencobanya.

Untuk dapat menyusurinya telah disediakan berbagai peralatan untuk pengunjung seperti helm, pelampung, senter atau head lamp, dan ban karet juga lengkap dengan pemandu wisatanya. Kegiatan itu disebut body rafting, yaitu membiarkan diri Anda mengalir bersama arus sungai. Jika sinar mataharinya sedang bagus, maka ia akan menyinari aliran air sungai bawah gua dan memantulkan warna hijau tosca yang eksotis serta warna merah di dindingnya. Pengunjung dapat kembali ke awal dengan berenang atau juga berjalan di atas bebatuan kapur nan licin. Pilihlah arus tenang untuk kembali ke garis start.

Selain body rafting, pengunjung juga dapat menyusuri sungai menggunakan ban karet. Untuk kedalaman sungainya sendiri bervariasi dari dangkal sampai yang dalamnya 1,5 meter – 3 meter. Nama lengkap dari tempat ini adalah Gua Sinjang Lawang. Nama itu berasal dari motif batik khas sunda yaitu Sinjang yang terdapat di ukiran batu pada mulutnya. Bahkan Gua Sinjang Lawang dinobatkan sebagai wisata unggulan di Jawa Barat dari 9 lainnya. tempat wisata satu ini relatif lebih aman daripada Green Canyon karena ia memiliki akses evakuasi dan tidak adanya jalan di atas aliran sungainya.

Demikian hidden gemnya wisata Pangandaran yang diyakini akan lebih indah dari wisata sebelahnya yaitu Green Canyon. Belum banyak orang tahu keindahan Gua Lawang ini karena sebelum dijadikan objek wisata, belum ada warga yang menyusuri gua ini sampai ke dalamnya sampai ke ujung dan hanya sekedar memancing.

Sangat menarik bukan Gua Lawang ini? Anda dapat mengunjungi kawasan wisata ini dengan bantuan tour travel seperti Pangandaran Tour and Travel sehingga dapat memudahkan perjalanan wisata Anda ke Pangandaran. Tidak perlu khawatir, beragam paket akan ditawarkan, Anda akan mendapat pengalaman travelling menyenangkan dan juga terorganisir. Fasilitas yang disediakan juga lengkap dengan harga bersaing. Jangan lupa untuk patuhi aturan di dalam kawasan wisata tersebut dan tetap menjaga protokol kesehatan di masa pandemi seperti membawa dan memakai masker, membawa handanitizer, alat sholat, dan alat sholat sendiri. Happy Holiday!

Add a Comment

Your email address will not be published.